Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia

Monumen Arc de Triomphe yang terselubung sebagai bagian dari instalasi seni berjudul "L'Arc de Triomphe, Wrapped" ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier/
Monumen Arc de Triomphe yang terselubung sebagai bagian dari instalasi seni berjudul "L'Arc de Triomphe, Wrapped" ANTARA FOTO/REUTERS/Benoit Tessier/

siar.id – Negara-negara di dunia dibagi jadi 2 jenis utama oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu negara maju dan negara berkembang. Klasifikasi tersebut berdasar kepada status ekonomi semacam Produk Dalam negara Bruto (PDB), Produk Nasional Bruto (PNB), pemasukan per kapita, industrialisasi, standar hidup, serta lain-lain.

Mengutip dari keydifferences.com, negara maju mengacu pada negara berdaulat, ekonominya sangat maju, serta mempunyai infrastruktur teknologi yang lebih hebat bila dibanding dengan bangsa lain. Sedangkan itu, negara-negara dengan industrialisasi serta indeks pembangunan manusia yang rendah diucap selaku negara berkembang.

Aspek Penentu Negara Maju dan Berkembang

Tidak hanya PDP, PNB, pemasukan per kapita, industrialisasi, serta standar hidup, ada beberapa variabel lain yang memastikan sesuatu negara tercantum pada jenis maju ataupun berkembang. Aspek penentu itu mencakup besar ataupun rendahnya tingkatan kesejahteraan anak, perawatan kesehatan serta sarana kedokteran, sarana transportasi, sarana komunikasi serta pembelajaran, keadaan perumahan serta style hidup.

Aspek yang lain merupakan harapan hidup, keahlian literasi, infrastruktur serta teknologi, dan utang negara.

Tidak hanya itu, negara maju serta berkembang dibedakan pula dari aspek utang negara, pemerataan distribusi pemasukan, kelahiran serta kematian, pengangguran serta kemiskinan.

Dari sebagian aspek di atas, berikut bisa disimpulkan perbandingan negara maju serta negara tumbuh. Negara-negara yang merdeka serta makmur diketahui selaku negara maju. Negara-negara yang mengalami dini industrialisasi diucap negara tumbuh.

Negara maju mempunyai pemasukan per kapita serta PDB yang besar dibanding dengan negara berkembang. Angka melek huruf di negara maju besar, namun di negara tumbuh malah angka buta hurufnya yang besar.

Negara maju mempunyai infrastruktur serta area yang lebih baik dalam perihal kesehatan serta keselamatan. Perihal itu belum terdapat di negara tumbuh.

Negara maju menciptakan pemasukan dari zona industri. Kebalikannya, negara tumbuh menciptakan pemasukan dari zona jasa. Standar hidup warga di negara maju besar, sedangkan di negara tumbuh lagi.

Sumber energi dimanfaatkan secara efisien serta efektif di negara-negara maju. Di sisi lain, pemanfaatan sumber energi yang pas belum dicoba oleh negara berkembang. Tingkatan kelahiran serta kematian rendah di negara maju, sebaliknya di negara berkembang keduanya besar.

Melansir World Population Review, berikut catatan negara maju serta berkembang di dunia.

Daftar Negara Maju 

  1. Swiss 
  2. Irlandia
  3. Hong Kong
  4. Islandia
  5. Jerman
  6. Swedia
  7. Australia
  8. Belanda
  9. Denmark
  10. Singapura
  11. Finlandia
  12. Inggris
  13. Belgia
  14. Selandia Baru
  15. Kanada
  16. Amerika Serikat( AS)
  17. Austria
  18. Jepang
  19. Israel
  20. Liechtenstein
  21. Slovenia
  22. Korea Selatan
  23. Luksemburg
  24. Spanyol
  25. Prancis

Daftar Negara Berkembang

  1. Trinidad dan Tobago
  2. Seychelles
  3. Albania
  4. Iran
  5. Kuba
  6. Sri Lanka
  7. Bosnia dan Herzegovina
  8. Meksiko
  9. Ukraina
  10. Grenada
  11. St. Kitts & Nevis
  12. Antigua dan Barbuda
  13. Thailand
  14. Peru
  15. Armenia
  16. North Macedonia
  17. Kolombia
  18. Brasil
  19. China
  20. Ekuador
  21. St. Lucia
  22. Republik Dominika
  23. Azerbaijan
  24. Moldova
  25. Aljazair
  26. Lebanon
  27. Indonesia
  28. Laos
  29. Mongolia
  30. Myanmar
  31. Timor Leste
  32. Filipina
  33. China
  34. India
  35. Kamboja

Pos terkait